Hasil Medali Panjat Tebing Asian Games 2018 Modal Olimpiade 2020

394 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu sukses meraih medali emas dari nomor speed putri Asian Games 2018 yang berlangsung di JSC Sport Climbing, Palembang, Kamis (23/8) malam. Ia mengalahkan atlet panjat tebing Indonesia lainnya, Puji Lestari, yang meraih medali perak.

Aries Susanti Rahayu meraih medali emas dengan waktu 7,61 detik di Palembang, sedangkan medali perak direbut oleh Puji Rahayu dengan waktu 7,98 detik. Untuk medali perunggu diperebutkan dua atlet Tiongkok, Cuilian He mengalahkan rekannya Ying Song dengan catatan waktu 7,27 detik.

Di nomor putra, dua atlet andalan Indonesia Sabri dan Aspar Jaelolo berhasil melaju ke putaran terakhir setelah sukses menyingkirkan satu per satu lawannya di ronde-ronde sebelumnya. Sementara itu, medali perunggu didapatkan Aspar yang pada perebutan posisi ketiga mengalahkan rekan senegaranya, Sabri. Adapun medali emas didapatkan atlet Iran, Reza Alipour. Kemenangan itu didapatkan setelah Zhong Qixin (China) didiskualifikasi

Dengan raihan emas ini, Menpora pun senang dan bangga. “Emas dari panjat tebing ini merupakan yang pertama kali yang dilahirkan dari Palembang untuk Asian Games ini. Semoga ini memicu dan memotivasi atlet-atlet lain yang besok akan berjuang untuk merah putih. Saya harapkan para atlet ini berjuang sekeras mungkin untuk Indonesia,” ujarnya. “Emas ini kado buat Indonesia yang baru saja merayakan HUT RI ke 73, dan buat rakyat Indonesia. Ini kado terindah malam ini, dan hasil ini bisa menjadi modal panjat tebing Indonesia untuk hadapi Olimpiade 2020 nanti,” tambahnya.

Masih katanya, bagi Aspar jangan berkecil hati karena besok masih ada pertandingan lagi dan masih ada kesempatan untuk meraih emas. “Buktikan kesempatan itu, karena Asian Games tidak datang dua tahun atau sepuluh tahun lagi di Indonesia. Nah, kesempatan inilah harus dimanfaatkan sebaik mungkin, kami akan selalu mendukung untuk jadi yang terbaik,” kata Menpora yang terus berkeliling menyemangati perjuangan atlet Indonesia selama berjuang di Asian Games 2018.

Sementara itu, atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu bersyukur dengan rejeki yang diberikan Allah. “Saya tidak tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata tapi saya bersyukur pada Allah yang sudah memberikan rejeki pada kita, tim panjatan tebing ini bisa mengibarkan merah putih di rumah kita sendiri dan kami bangga.

Indonesia total meraih dua emas, dua perak, dan tiga perunggu pada hari kelima Asian Games 2018. Tambahan tersebut membuat Indonesia berada peringkat kelima klasemen sementara dengan total 24 medali (8 emas, 6 perak, dan 10 perunggu).

Sumber: Kemenpora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *