Kiat Sukses ala Dekan FE UIN Malang

124 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Malang hari kedua fokus pada materi kefakultasan. Fakultas Ekonomi (FE) mengumpulkan seluruh mahasiswa barunya di Auditorium Utara, Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa (14/8). Dekan FE UIN Malang Dr. Nur Asnawi membagi kiat sukses di acara bertema Aktualisasi Gerakan Mahasiswa Ekonomi di Era Milenial sebagai Manifestasi Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat.

Menurutnya ada empat hal yang harus diperhatikan untuk membuka pintu kesuksesan. Pertama, literasi atau memperbanyak membaca. Kebiasaan membaca buku harus dilakukan bahkan sejak masih kecil. “Karena sekarang rakyat Indonesia cenderung menghabiskan waktunya bermain gadget,” tambahnya.

Kiat kedua, lanjutnya, ialah mengasah kemampuan. Asnawi menyebut, skill berbahasa asing adalah salah satu yang harus dipelajari. Mengingat zaman yang sudah mengglobal, menguasai bahasa asing tentu mempunyai nilai plus. “Makanya di UIN Malang, program dwi bahasa di tahun pertama dan kedua sangat diwajibkan,” jelasnya.

Kiat selanjutnya ialah networking. Terlalu akrabnya seseorang dengan gadget dan dunia maya berimbas pada kehidupan sosialnya. Karena itu lah, Asnawi mengingatkan kepada maba FE agar berteman dengan kalangan yang luas. “Perbanyak relasi, suatu saat kalian pasti akan saling membantu untuk mengembangkan diri,” paparnya.

Yang terakhir, ia ingin agar maba FE bersikap serius namun tetap santai. Ia tidak ingin mahasiswa terlalu fokus belajar hingga stres. “Hadapi hidup dengan senyum dan kebahagiaan,” ujarnya mengutip kata bijak.

Dalam kesempatan itu pula, Asnawi menyampaikan bahwa FE UIN Malang masih menjadi salah satu jujugan favorit. Dari data yang terhimpun, peminat Prodi Akuntansi 1875 pendaftar, Prodi Manajemen 3844 pendaftar, dan Prodi Perbankan Syariah 11805 pendaftar.

Sumber: Media UIN Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *