Manfaat Olahraga di Luar Ruang

100 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bosan nge-gym? Coba saja berolahraga di luar ruangan. Pakar mengatakan berolahraga di luar ruangan memiliki sensasi sekaligus manfaat berbeda dibandingkan dengan olahraga di gym. Salah satunya, berolahraga di luar ruangan memungkinkan kamu untuk melakukan secara berkelompok bersama teman-teman. Tak sekadar sehat, olahraga pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Bukan hanya itu saja manfaat olahraga di luar ruangan. Berikut 5 manfaat olahraga di luar ruangan.

Sinar Matahari

Banyak pakar mengatakan bahwa sinar matahari pagi dan sore memiliki manfaat besar bagi tubuh. Alasan inilah yang membuat berolahraga di luar ruangan lebih bermanfaat.

Paparan sinar matahari tak hanya membantu proses penyerapan vitamin D bagi tubuh, namun juga memiliki manfaat lain. Tidur menjadi lebih enak, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbanyak produksi endorfin, hormon pembuat bahagia.

Baik untuk Jiwa

Tentu saja alasan utama seseorang berolahraga adalah menyehatkan tubuh. Namun jika olahraga dilakukan di luar ruangan, kesehatan mental juga akan terjaga.

Penelitian yang dilakukan Peninsula College of Medicine and Dentistry menganalisis 11 gejala umum gangguan jiwa pada 800 orang. Kelompok pertama diminta untuk melakukan olahraga di luar ruangan dan dibandingkan dengan kelompok kedua yang berolahraga di dalam ruangan.

Terbukti, melakukan olahraga di luar ruangan mengurangi kebingungan, rasa amrah, depresi dan perasaan kesal.

Bikin Percaya Diri

Beberapa orang tak percaya diri pergi ke gym karena selalu menjadi sorotan. Tak sedikit juga yang akhirnya malah diolok-olok karena bentuk badannya yang lebih jelek dibanding pengguna gym lainnya.

Olahraga di luar bisa menjadi alternatif daripada Anda tak berolahraga sama sekali. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh University of Essex membuktikan hal tersebut. Mereka yang berolahraga di luar ruangan memiliki rasa percaya diri tinggi. Bonusnya, olahraga di luar ruangan lebih sukses menurunkan berat badan.

Lebih Mudah Ditekuni

Berolahraga teratur memang sulit, namun jika Anda sudah menemukan rasa senang ketika berolahraga maka olahraga akan lebih mudah ditekuni.

Penelitian dari Kanada terhadap 100 wanita yang sudah mengalami menopause membuktikannya. Mereka yang melakukan olahraga di luar ruangan seperti senam dan aerobik lebih banyak daripada olahraga dalam ruangan setelah 6 bulan.

Olahraga Murah

Alasan utama seseorang malas berolahraga ke tempat fitness adalah biaya bulanan yang terkadang membuat dompet tipis. Solusinya tentu saja melakukan olahraga di luar ruangan.

Hanya modal sepatu, Anda dapat melakukan jogging, lari hingga senam daripada membayar ratusan ribu rupiah untuk melakukan hal yang sama. Tempatnya pun beragam. Anda bisa berolahraga di taman, kompleks perumahan, ataupun ruang terbuka hijau lainnya.

Sumber: Detik Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *