PBAK IAIN Jember 2018 Diikuti 3500 Mahasiswa Baru

146 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Sebanyak 3523 mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mengikuti serangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang diselenggarakan sejak tanggal 17 – 20 Agustur 2018. Pembukaan PBAK IAIN Jember digelar di lapangan IAIN Jember bersamaan dengan upacara perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke–73, Jumat (17/8).

Rektor IAIN Jember Babun Suharto menuturkan bahwa saat ini seluruh elemen bangsa kembali diingatkan dengan semangat meraih kemerdekaan. Menurut Rektor, kemerdekaan yang diraih oleh bangsa ini harus dijaga dengan semangat dan prestasi kerja sesuai dengan bidang masing-masing.

“Optimisme kebangsaaan harus kita jaga bersama. Kita percaya bahwa setiap pribadi adalah miniatur istimewa dari semesta. Masing-masing kita termasuk bagian dari kekuatan anak bangsa,” ungkap Rektor.

Rektor mengajak kepada mahasiswa untuk senantiasa menjaga komitmen kebangsaan di atas tanah air Indonesia yang majemuk ini. Dikatakan Rektor, bangsa Indonesia telah berhasil tumbuh dalam kehidupan sosial yang damai, toleran dan menerima semua kalangan. Toleransi dan persatuan dapat diwujudkan dengan kemampuan mempertahankan ideologi Pancasila sebagai asas bersama dalam membangun kerukunan.

“Momentum ini mari kita jadikan sebagai pesan reflektif untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia,” ungkap Rektor.

Rektor juga berpesan agar mahasiswa menjadi bagian dari kekuatan besar untuk menyatakan bahwa dunia kampus sejatinya adalah ruang jagat intelektual. Menurut Babun, mahasiswa sejatinya adalah pemantik optimisme munculnya generasi sarjana yang hebat, handal dan kreatif.

“Kami berharap, kegiatan PABK ini menjadi pemicu bagi mahasiswa IAIN Jember untuk terus berada didepan mengawal perubahan yang lebih baik dalam dalam segala lini,” demikian harap Rektor.

Ketua Panitia PBAK IAIN Jember Hepni menjelaskan bahwa PBAK IAIN Jember diikuti mahasiswa baru yang yang tersebar pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Dalam kegiatan PBAK ini, mahasiswa baru IAIN Jember akan mendapatkan beberapa materi, diantaranya nilai-nilai akademik institut, nilai-nilai akademik fakultas, pengenalan lembaga kemahasiswaan dan pengembangan kepribadian. Kami berharap mahasiswa baru dapat bersinergi antar mahasiswa maupun dengan aktivis senior,” ungkap Hepni.

Pembukaan PBAK IAIN Jember ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati. Kegiatan ini dihadiri pimpinan IAIN Jember, Dekan masing-masing Fakultas, dosen dan seluruh karyawan di lingkungan IAIN Jember.

Sumber: IAIN Jember

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *