Tips Naik Motor di Lautan Pasir Bromo

1,566 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Salah satu cara menikmati Lautan Pasir Bromo selain naik jip adalah dengan naik motor offroad. Simak tips berikut agar kamu tidak jatuh dengan konyol.

Lautan Pasir Bromo selain indah juga menghadirkan sensasi petualangan jika traveler datang ke sini menggunakan motor offroad. Sebelum mulai beraksi, ada baiknya traveler menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Tetap tenang dan fokus

Salah satu penyebab jatuh saat naik motor adalah traveler panik ketika menghadapi masalah. Saat menghadapi masalah, usahakan tetap tenang dan fokus sehingga masalah tersebut bisa terpecahkan.

Contohnya ketika laju motor agak berbelok karena menghajar pasir. Jika panik, traveler justru akan jatuh secara konyol. Lebih baik tenang dan pilih jalur yang tanahnya cenderung rata dan tidak begitu berpasir.

2. Ikuti irama motor

Tips kedua, usahakan kita mengikuti irama motor saat sedang melaju. Menghadapi tanah pasir, motor memang akan selalu meliuk-liuk. Kalau sudah begitu, jangan sekali-sekali melawan liukan tersebut.

Justu ikuti saja liuk-liuk motor tersebut, sambil tetap menstabilkan motor tetap berada di jalurnya. Niscaya kamu tidak akan jatuh di atas pasir.

3. Jaga kecepatan agar tetap stabil

Selanjutnya, usahakan memutar tuas gas motor secara stabil. Saat menghadapi pasir, terutama yang lembut seperti di Bromo, ban pasti akan terbenam di pasir. Cara agar ban tetap berada di permukaan adalah dengan mempertahankan kecepatan.

Putarlah tuas gas dengan intensitas yang tetap. Bila ban masih tetap terbenam, boleh ditambah lagi bukaan gasnya sampai ban bisa lepas dari jeratan pasir dan motor bisa berjalan normal kembali.

Setelah normal lagi, jagalah kecepatan agar konstan selama melewati medan berpasir. Niscaya kamu dan motormu tidak akan jatuh.

4. Mainkan kopling

Salah satu kunci sukses melewati medan berpasir adalah memainkan tuas kopling. Kelebihan motor berkopling adalah kita tidak perlu sering-sering menarik tuas rem, tetapi cukup memainkan tuas kopling saja.

Atur kecepatan diimbangi dengan menekan tuas kopling saat bertemu jalur berpasir yang lumayan tebal. Jangan secara tiba-tiba mengerem karena kamu bisa saja jatuh. Tetap jaga keselamatan traveler!

Sumber: Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *